Yahoo!

Yahoo! Pasti nama itu sudah tak asing lagi di benakmu, ya! Yahoo! adalah sebuah portal web populer yang dioperasikan perusahaan bernama Yahoo! Inc.. Yahoo! termasuk salah satu portal web terbesar di Amerika Serikat. Berdasarkan berita Cnet, sekitar 600 juta orang mengunjungi situs-situs Yahoo! setiap bulannya. Berikut adalah sejarah singkat mengenai Yahoo!

Yang dan Filo (www.notablebiographies.com)

Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark, ide itu berawal pada bulan April 1994, saat itu dua orang alumni mahasiswa (Jerry Yang dan David Filo) Standford liburan ketika profesor mereka pergi jalan-jalan karena cuti besar. Yang dan Filo hanya mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek. Kemudian mereka berpikir untuk memasukannya di web, dan kemudian mulai bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya sehingga dapat memberikan hasil secara online.

Pada Bulan April 1994, nama bookmark  “Jerry and David’s Guide to World Wide Web” diganti menjadi “Yahoo!”. Nama baru ini terinspirasi dari novel “Gulliver’s Travels karya Jonathan Swift. Adapula singkatan “Yahoo!”, yang mana berasal dari “Yet Another Hierarchical Officious Oracle“.

Sebenarnya, nama “Yahoo” telah lebih dulu digunakan menjadi nama merek produk saus Barbekyu dan perahu karet oleh perusahaan lain. Maka itu Yang dan Filo terpaksa menambahkan tanda seru dibelakang kata “Yahoo” sehingga menjadi “Yahoo!”.

Domain yahoo.com dibuat pada tanggal 18 Januari 1995. Karena Yang dan Filo menyadari potensi besar yang dimiliki oleh situs mereka ini, akhirnya pada tanggal 1 Maret 1995, Yahoo diresmikan sebagai badan hukum. Akhir tahun 1994, “Yahoo!” mencatat perkembangan menggembirakan karena situs mereka telah dikunjungi oleh satu jutaan netizen.

Domain “.com” (www.spinbirdgroup.com)

Pada akhir 1990-an, Yahoo pun diverifikasi menjadi portal web, bersaing dengan MSN, Lycos, Excite, dan portal web lainnya. Tahun 1997, sejumlah portal web mengalami perkembangan yang sangat pesat yang menyebabkan masing-masing portal web berlomba untuk memperluas jangkauan layanan mereka agar para pengguna internet lebih lama singgah pada portal web mereka. Cara yang mereka lakukan adalah dengan mengakuisisi perusahaan-perusahaan lain yang bisa menyediakan servis yang mereka inginkan.

Data NASDAQ atas fenomena “Dot-Com Bubble” (www.wikimedia.com)

Beberapa perusahaan/aplikasi yang di akusisi/dibeli yahoo:

1. Layanan webmail Four11 RocketMail –> Yahoo! Mail (8 Maret 1997)

2. ClassicGames –> Yahoo! Games (13 Maret 1998)

3.  Penyedia webhosting GeoCities (28 Januari 1999)

4. eGroups –> Yahoo! Groups (28 Juni 2000)

5. Inktomi Corporation (Desember 2002)

6. Overture Service Inc. (Juli 2003)

7. Oddpost untuk menambahkan kemampuan AJAX pada Yahoo! Mail

8. Konfabulator –> Yahoo! Widgets (Februari 2005)

9. Flickr (20 Maret 2005)

Yah, mungkin sampai disini saja. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ;)