Resensi komik Trickstar Hoshi

Baru-baru ini aku mengunjungi event Big Sale-nya Gramedia yang berlokasi di warestore Gramedia cabang serpong, untuk teman-teman yang belum tahu, maksud dari Big Sale ialah penjualan yang ditujukan untuk menunjang peningkatan minat baca masyarakat yang dirasa penting. Lagipula ada kutipan yang menyatakan bahwa:

Buku merupakan Jendela Dunia, Membaca Kuncinya.

Jadi sudah sewajarnya minat baca adalah hal yang berharga bagi kehidupan, apalagi setelah dikaitkan dengan “Dunia”. Untuk memperbanyak jumlah buku yang dibeli, maka Gramedia menetapkan harga dari buku-buku yang dijual berkisar Rp5.000 s/d Rp10.000 ! Murah banget ‘kan ? Ehh, jangan salah ! walaupun harganya murah, namun buku-buku yang dijual berkualitas tinggi lho !

Hampir semua buku tersedia, antara lain novel, komik, religi, motivasi, bisnis, teknologi dan lain-lain, begitu banyak buku yang disajikan membuatku terkagum-kagum, dikutip dari TribunNews.com terdapat sekitar 20.000 judul buku dengan jumlah lebih dari 1 juta eksemplar telah tersedia.

Dari ragam buku yang tersedia, akhirnya aku memutuskan untuk membeli sebuah komik berseri “Trickstar Hoshi” dari penerbit Elex Media Komputindo, serial ini terdiri dari 7 file/volume.

Sekilas dari covernya, agaknya komik ini ditujukan untuk pembaca anak-anak. Tapi aku sendiri yang sudah menduduki bangku sekolah menengah pertama, begitu menikmati cerita yang tertanam dalam komik ini.

Singkatnya, komik ini terbagi menjadi dua tahapan cerita utama (dalam buku disebutkan lembaran), yakni:

  1. Lembaran Hoshi vs Trickstar
  2. Lembaran Genius Soundwave

Menceritakan Hoshi Tendou, seorang bocah detektif swasta yang memiliki akal melampaui orang dewasa. Kasus apa pun yang menimpanya, dapat dipecahkan dengan “bintang”-nya. Tujuannya menjadi detektif tidak lain untuk menangkap pembunuh ayahnya yang diketahuinya bernama pencuri misterius Trickstar.

Ayahnya sendiri merupakan seorang polisi detektif ternama yang juga memiliki kemampuan menganalisa hebat, keduanya mempunyai ciri khas yaitu selalu mengucapkan kata “Bintangku Datang !!” jika berhasil memecahkan masalah.

Tokoh-tokoh yang muncul dalam komik antara lain:

1. Hoshi Tendou
Muncul di: File 1 – File 7

Bocah 11 tahun yang membuka kantor detektif seorang diri. Seringkali kedapatan menolong orang yang terjerat kasus sebagai detektif swasta, surat izin praktek Hoshi membuatnya bisa dengan mudah mengakses TKP, kantor polisi dan lain-lain.

2. Tsukiko Uno
Muncul di: File 1 – File 7

Gadis kecil yang merasa berhutang budi pada Hoshi karena telah membantunya mengusut kasus pembunuhan kakek Tsukiko, sempat menjadi buronan pada file 1 karena dituduh telah membunuh kakek sendiri. Padahal pembunuh aslinya ialah seorang lelaki yang berprofesi sebagai tukang kebun sang kakek. Sejak saat itu Tsukiko menjadi asisten tetap Hoshi.

3. Kumao Nitta
Muncul di: File 1 – File 4

Merupakan seorang polisi yang mengenal baik Hoshi Tendou yang juga merupakan putra dari sosok yang Nitta kagumi, yaitu Taiyo Tendou, ayah Hoshi. Nitta kerap menemani Hoshi dalam proses penyelidikannya.

4. Taiyo Tendou
Muncul di: File 2 – File 4

Detektif polisi dengan kemampuan menganalisis lebih hebat dari putranya, Hoshi. Diduga telah dibunuh oleh Trickstar 7 tahun yang lalu (benarkah??),  sangat menentang keras aksi kriminal sehingga ia tak pernah takut untuk berhadapan langsung dengan pelaku kriminal.

5. Hikari Tendou (Trickstar)
Muncul di: File 1 – File 4

Aksi perampokan yang diwarnai dengan trik-trik penuh tipu daya menjadikan nama Trickstar dengan julukan “Pencuri Misterius” sukses memperdaya dunia, tercantum dalam daftar buronan polisi takkan membuatnya jera. Nama aslinya ialah Hikari Tendou, kakek dari Hoshi Tendou.

6. Tane Tendou
Muncul di: File 2

Istri dari Trickstar sekaligus nenek Hoshi, walaupun memiliki hubungan suami-istri dengan Trickstar, Tane tidak melakukan kejahatan sebagaimana yang diperbuat oleh suaminya. Tane juga selaku guru Hoshi, dari neneknya lah Hoshi mempelajari ilmu analisis.

7. Riden
Muncul di: File 4 – File 7

Anjing berkebangsaan Jerman ini mengunjungi negara Jepang dengan menyebrangi lautan, tujuannya ialah untuk menemui Claudia, sang majikan. Jangan salah menilai lho ! walaupun Riden hanyalah seekor anjing, namun ia mengantongi profesi Detektif, serta Riden ber-IQ 180. Sejak kemunculannya pada komik, ia acap kali disandingkan dengan Hoshi.