“Challenge” Internet viral

Akui saja, hidup itu memang penuh tantangan, dan kita dipaksa untuk menerima tantangan tersebut di setiap langkah perjalanan. Tantangan tersebut muncul dalam beragam cara, bisa itu kehilangan pekerjaan, kesulitan ekonomi, patah hati, maupun hal serupa lainnya. Tantangan hidup bersifat serius dan tidak boleh dipermainkan.

Lalu, bagaimana dengan internet ? kehidupan kedua yang berletak di internet, tentu saja yang namanya kehidupan tidak luput dari tantangan. Maka sudah sejatinya internet mendapat tantangan tersendiri bagi warganet yang siap beradu kemampuan dalam menyelesaikan tantangan tersebut. Berbeda dengan tantangan hidup, maksud tantangan internet tidak lain hanyalah hiburan semata.

Penemuan internet mengubah drastis dunia tantangan, yang sebelumnya takut terhadap tantangan, namun kini berbondong-bondong membuat serangkaian tantangan ‘internet’ dengan harap menjadi viral. Begitupun pelaku dari tantangan-tantangan ini.

Beberapa dari challenge tersebut terkesan aneh, seru, bahkan berbahaya. Namun yang mengherankan adalah, mengapa ada saja orang yang melakukan challenge-challenge tersebut ?? “Semua ini hanya untuk hiburan semata”.

Rata-rata internet challenge dibuat sesuai dengan beberapa kriteria dasar, kriteria tersebut antara lain:

  • Challenge mudah untuk diikuti/dilakukan
  • Memikat khalayak netizen
  • Dibuat se-(bahaya, seru, menegangkan, lucu) mungkin.

Meskipun begitu, kurasa tak ada salahnya untuk mengintip segelintir orang berusaha membalikkan botol plastik dengan harapan akan mendarat sempurna (bottle flip challenge), atau terperanjat melihat perubahan wajah dari ‘jelek’ ke cantik/ganteng dalam sekejap (don’t judge me challenge). Berikut adalah beberapa challenge yang viral.

.
1. ALS Ice bucket Challenge

Ember yang berisi air disertai dengan es batu, dibanjurkan ke kepala.

Challenge ini pertama kali muncul di internet pada pertengahan tahun 2014, lebih tepatnya bulan Juni. Challenge ini pertama kali mendapat perhatian publik, ketika pada akhir bulan Juni sebuah program TV Golf Amerika, membahas tentang fenomena ini dan kemudian melakukan Ice bucket challenge yang disiarkan secara live.

Cara melakukan tantangan ini sebenarnya cukup mudah, kamu hanya memerlukan sebuah ember kosong, dan segepok es batu yang masih padat. Isi ember dengan air hingga penuh, lalu masukkan es batu yang banyak. Akhirnya banjur kepala kamu dengan ember tersebut.

Kegiatan ini biasanya difilmkan dalam bentuk rekaman, yang kemudian diupload ke situs video kondang seperti YouTube. Dari sini, seorang pelaku dapat menominasi/menantang orang lain untuk melakukan ice bucket challenge.

Saking populernya challenge ini, bahkan selebriti, atlet, penyanyi tidak sungkan-sungkan menjajal kemampuan mereka di challenge ini, sebut saja Adam Levine, Ben Stiller, Oprah Winfrey, bahkan Bill Gates pun ikut-ikutan challenge ini.

2. Bottle Flip Challenge

Seorang anak melakukan “Bottle Flip Challenge”

Sesuai dengan namanya, Bottle Flip Challenge adalah kegiatan melempar botol secara 360 derajat, membuat botol tersebut mendarat dengan posisi tegak lurus.

Untuk mempraktikan tantangan ini, diperlukan setidaknya 1 botol (dianjurkan berbahan dasar plastik) yang berisi kira-kira ⅕ isi air dari botol tersebut. Kemudian, kepit area tutup botol dengan jari, berikan sedikit tenaga dan kibaskan jarimu untuk menciptakan sebuah lemparan memutar.

Kendati terlihat mudah, challenge ini membutuhkan tingkat akurasi yang tinggi dan latihan berkali-kali. Pasalnya tak semua orang bisa melakukannya dalam satu kali percobaan.

Selain bottle flip, terdapat juga reverse bottle flip yang berarti memutar botol terbalik. Aturan dasarnya sama dengan bottle flip, namun dilakukan dalam posisi terbalik, jadi target dari reverse bottle flip adalah untuk melempar botol hingga botol tersebut mendarat dengan posisi tutup botol dibawah. Teknik ini lebih sulit dikuasai karena lebar permukaan tutup botal terbilang kecil.

.
3. Cinnamon Challenge

Melahap satu sendok cinnamon, tanpa meminum apapun dalam kurun waktu 60 detik.

Popularitas challenge ini mulai mewabah pada tahun 2007, mendaki puncak  pada bulan Januari 2012. Cinnamon Challenge melibatkan seorang yang melahap satu sendok penuh kayu manis/Cinnamon bubuk, namun tidak boleh meminum apapun selama 60 detik.

Walaupun terdengar mudah, tantangan ini sangat berbahaya untuk dilakukan, bahkan dapat menyebabkan kematian. Sedari awal kayu manis bubuk memang bukan untuk konsumsi secara langsung, namun sebagai bahan pembuat kue.

Kayu manis sendiri merupakan bubuk kulit pohon atau selulosa. Apabila terhirup, bubuk yang sangat halus itu dapat memicu refleks muntah, menyebabkan rasa panas dan peradangan pada saluran udara dan paru-paru.

Sudah ada korban meninggal akibat tantangan ini,  pada bulan Juli tahun 2015 seorang anak berumur 4 tahun tewas kehabisan oksigen setelah mencoba tantangan ini.

.
4. Mannequin Challenge

Mannequin Challenge di elevator.

Mannequin Challenge adalah tantangan dimana sekelompok orang akan bergaya bebas layaknya manekin, tapi selama video diputar pelaku tantangan diharuskan berdiam mematung. Tantangan ini gone viral pada November 2016 setelah sebelumnya diraih oleh video PPAP.

Untuk mempraktekan challenge ini, mintalah seseorang untuk merekammu ketika kamu tengah melakukan mannequin challenge. Kemudian upload file rekaman tersebut, tulis hashtag #MannequinChallenge di kolom judul/caption. Akan tetapi umumnya challenge ini dilakukan bersama banyak orang, serta memiliki lagu Black Beatles karya Rae Sremmurd sebagai background songnya.

Dari anak kecil hingga orang tua membuat video ini, tak terkecuali figur publik seperti James Corden, Adele mengunggah video serupa.

5. Bean Boozled Challenge

Bean Boozled Challenge.

Hidup itu penuh misteri, begitu juga dengan permen ini. Walau terlihat layaknya permen kacang jeli biasa, Bean Boozled menawarkan jeli dengan aneka rasa yang tidak wajar. Tersedia rasa kaos kaki, muntah, telur busuk, popok bayi, hingga makanan anjing. Kabarnya Bean Boozled  terinspirasi dari snack di serial Harry Potter.

Maka itu, Bean Boozled Challenge adalah tantangan yang mewajibkan pelakunya untuk mencoba beragam rasa kacang jeli namun jeli yang akan dicoba ditentukan oleh sebuah roda berputar yang akan menunjukan warna jeli serta rasanya. Setiap warna mewakili dua rasa yang berbeda, antara rasa lezat dan rasa eneg, misalnya jeli warna putih yang memiliki rasa kelapa dan rasa susu basi.

Tergantung keberuntunganmu, kamu bisa saja menikmati rasa manis buah peach atau merasa ingin muntah (mungkin kamu mendapatkan rasa barf/muntah).

.
6. The floor is lava Challenge

Pelaku The floor is lava Challenge

Pelaku The floor is lava Challenge.

Baru-baru ini dunia internet kembali dikejutkan oleh penemuan baru, yaitu The floor is lava Challenge. Permainan ini mengandalkan keputusan cepat, hingga memacu pelakunya untuk panik.

Aturan mainnya bisa terbilang mudah. Apabila seseorang berkata “the floor is lava!”, tanda kamu harus mencari/menemukan tempat tinggi yang atau benda yang bisa kamu gunakan untuk bertahan sementara seraya permainan berjalan, agar kaki tidak menyentuh tanah/lantai.

Goal dari tantangan ini adalah, tidak menyentuh tanah/lantai dalam kurang lebih 4-5 detik, pelaku juga boleh berpindah tempat selama kakinya tidak mendarat di tanah.